Pasca Gempa Sulbar, Hatta Minta Inpres Percepatan Rehabilitasi dan Rekontruksi

Keterangan Gambar : Muh. Hatta Kainang Salurkan Paket Sembako ke Masyarakat Korban Gempa Sulawesi Barat

SULBAR – Bencana alam gempa bumi dengan kekuatan 5,9 dan 6,2 Magnitude yang melanda dua Kabupaten di Provinsi Provinsi Sulawesi Barat beberapa minggu lalu, mengakibatkan dampak kerusakan dan kerugian kurang lebih 1,18 Triliun yang di rilis oleh BNPB.

Akibat gempa bumi tersebut ribuan rumah – rumah warga mengalami kerusakan baik sedang hingga kategori berat di Kabupaten Mamuju dan Majene. Tak hanya itu bangunan pemerintah dan perusahaan swasta juga ikut mengalami kerusakan seperti Kantor Gubernur, kantor DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Hotel D,Maleo dan Matos.

Read More

Pasca gempa bumi, dalam mendorong percepatan pemulihan perekonomian di Provinsi Sulawesi Barat Muh. Hatta Kainang mendesak Pemerintah Pusat melalui Gubernur Sulbar mendorong terbitnya Inpres percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Muh. Hatta Kainang selaku ketua pansus pengawasan percepatan pemulihan dampak ekonomi dan sosial pasca gempa DPRD Sulbar mengatakan pentingnya Inpres tersebut untuk pemulihan pasca gempa seperti di NTB berupa inpres No 5 tahun 2018.

“Kita mendesak Pemerintah pusat melalui Gubernur Sulawesi Barat untuk mendorong terbitnya Inpres percepatan rehabilitasi dan rekontruksi seperti di NTB berupa inpres no 5 tahun 2018, inpres ini penting untuk percepatan ,pemulihan pasca gempa Mamuju dan Majene Sulbar, sehingga ada perhatian khusus bagi kebangkitan ekonomi, sosial di Sulbar,” Tulis Politisi NasDem itu.

Selain itu, Hatta Kainang berharap pihak yang terkait dengan proses pendataan dampak secara profesional menyajikan data peta berdampak. ini tugas BAPPEDA Sulbar melakukan kompilasi data.

“Kami minta ini action nya cepat kalau memang butuh kerja kerja kolektif baiknya libatkan LSM, Perguruaan tinggi dan organisasi profesi untuk mendorong percepatan data ,kami khawatir ada kelambatan dan ketidak validan data efek bencana,” Sambung Hatta.

Lanjut Hatta, pihaknya di Pansus DPRD Sulbar menganggap ini adalah hal yang serius tugas kami adalah mengawasi dan memberikan pertimbangan demi percepatan kebangkitan dan pemulihan di Sulbar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *