Jenazah PDP Asal Pasangkayu Dimakamkan Sesuai SOP Pemakaman Covid-19

SANDAPANGCENTER.COM – Mamuju – Seorang pasien Covid-19 yang berstatus PDP asal Dusun Mekar, Desa Bulu Mario, Kecamatan Sarudu Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat meninggal dunia dan dimakamkan sesuai standar operasional prosedur Covid-19, Kamis Malam 16/04/2020

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pasangkayu Samhari, pada tanggal 14 April 2020, PDP tersebut melakukan pemeriksaan ke Puskesmas Sarudu, Dokter setempat mendiagnosa demam, batuk dan memiliki riwayat penyakit jantung, kemudian yang bersangkutan dirujuk ke RSUD Pasangkayu, di Ako.

“Tiba di RSUD Pasangkayu berkisar pukul 01.00 WITA dini hari tanggal 15 April 2020, pasien dirawat kemudian dilanjutkan pemeriksaan lanjutan,” katanya.

Lebih Samhari menjelaskan, sekira pukul 07.00 WITA, kondisi pasien makin memburuk, sehingga membutuhkan ventilator, namun rumah sakit belum memiliki ventilator, sehingga pukul 14.00 WITA di rujuk ke RSUD Regional Sulbar di Kabupaten Mamuju untuk mendapat perawatan maksimal, namun AY dinyatakn meninggal dunia sekira pukul 13.30 WITA, 16/4/2020.

“Yang bersangkutan masuk kategori PDP ringan, tidak pernah melakukan perjalanan keluar daerah, berdasarkan penelusuran tim, ada riwayat kontak dengan orang dari Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), namun hasil tes swab laboratorium belum keluar,” ujar Samhari.

Jenazah AY kemudian diberangkatkan ke Desa Bulu Mario menggunakan mobil Ambulance dan dikawal oleh tim gugus Covid-19 dan pihak kepolisian.

Sementara dalam proses pemakaman jenazah PDP ini ditangani langsung Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasangkayu dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Sekitar pukul 19.00 WITA, jenazah almarhum tiba di Dusun Mekar, Desa Bulu Mario, Pukul 21. 23 WITA, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasangkayu tiba di sekitar lokasi pemakaman kemudian lansung di makamkan tanpa adanya kendala ataupun riak dari masyarakat dan semua mendoakan yang terbaik untuk almarhum”.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *